Anda Penasaran Apa Makanan Ikan Jelawat Borneo? Baca Artikel Ini Hingga Selesai

Ikan Jelawat Borneo

Pulau Borneo atau Kalimantan yang terkenal dengan sungai-sungainya adalah lumbung berbagai jenis ikan yang jumlahnya melimpah sebelum munculnya industri tambang dan perkebunan kelapa sawit bersekala besar di Kalimantan. 

Salah satu ikan yang sangat terkenal adalah ikan Jelawat atau (Leptobarbus hoevani) yang banyak hidup di digenangan tengah hingga ke muara sungai di Kalimantan Barat. Selain itu  ikan Jelawat ini dapat ditemui juga di sungai-sungai di  Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan juga di negara-negara tetangga kita seperti Malaysia dan Brunei (Puslitbang Perikanan, 1992).    

Sumber grafis dislutkan.kalteng.go.id

Habitannya adalah kawasan sungai yang banyak akar pohon yang terbenam ke dalam sungai atau yang banyak di naungan pohon seperti sungai-sungai di sumatera dan kalimantan yang banyak ditumbuhi pohon tengkawang,  biji karet serta tumbuhan lain yang dapat dimakannya. Sebab ikan ini jenis omivora yang hampir memakan apa saja, tak terkecuali dun dan daging ikan yang dicincang. 


Apabila musim hujan ikan jelawat memijah, dari hulu ke hilir ketika air sungai naik. Satu indukan ikan jelawat Kalimantan bisa mencapai 3 kg. 


Daging ikan ini sangat lezat saat dijadikan lauk dan karena telah menjadi ikan langka, ikan jelawat banyak di buru oleh para pengusaha restoran serta mulai dibudidayakan. Namun rasanya sudah berbeda dari ikan alam yang hidup di sungai-sungai di Kalimantan. 

Karena itu diperlukan budidaya ikan jelawat, seperti juga budidaya berbagai jenis ikan lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url