Borneo Socker, Ikan Hias Air Tawar dari Borneo


IKAN BORNEO-Ikan Borneo Sucker adalah ikan hias yang berasal dari kalimantan. Sesuai dengan namanya, ikan ini berasal dari pulau terbesar ketiga di dunia, yaitu Pulau Borneo. 

Sepintas ikan ini mirip dengan ikan sapu-sapu yang gampang anda temukan di pulau Jawa, sumatera atau tempat-tempat lain di Indonesia. Meski bernama Borneo Sucker, ikan ini bukan tergolong catfish lho sebagaimana halnya ikan sapu-sapu. Ikan ini masuk ke dalam famili Balitoridae.

Panjang ukuran Borneo Sucker kira-kira sekitar 5 cm. Ikan ini termasuk jenis ikan yang benar-benar aktif. Oleh karenanya jika Anda mendapati ikan Borneo Socker berdiam diri ada kemungkinan ikan ini sedang mengalami masalah atau sakit.

Di alam bebas, Ikan Borneo Sucker memakan alga atau lumut yang tumbuh di bebatuan. Oleh karena, ikan ini tak cocok dipelihara di aquarium baru. Tentunya Anda harus menyediakan aquarium dengan bebatuan yang sudah berlumut.

Mengingat Boreno Sucker ikan yang datang dari sungai berarus deras, maka setuplah aquarium Anda dengan arus buatan yang benar-benar disarankan. 

Arus buatan ini bisa diciptakan dengan memodifikasi keluaran head pump sedemikian rupa, hingga bakal menghasilkan arus yang cukup bagi Borneo Sucker.

Memang agak susah untuk mengetahui jenis kelamin Borneo Sucker ini. Tapi jik amelihat ciri-cirinya, Boreno Sucker jantan terlihat sedikit lebih besar dibanding betina. 

Moncong Ikan Borneo Sucker jantan lebih persegi, sementara moncing betina berbentuk bulat. Pada ikan Borneo Sucker jantan ditemukan 2 benjolan ‘hidung’ pada tiap-tiap segi moncong. Benjolan ini bakal terlihat makin terang pada saat kawin. 

Warna Ikan Borneo Sucker jantan lebih cerah. Apabila mendekati saat kawin, ikan jantan biasanya lebih aktif membuat sarang, yakni dengan cara menggali kelikil atau pasir di dasar sungai dengan memakai cara memakai ekornya.

Jadi kesimpulannya adalah Borneo Sucker  merupakan ikan sapu-sapu asli Indonesia, Borneo sucker (sapu-sapu biola) juga merupakan ikan hias asli Indonesia. 

Sesuai dengan namanya ikan unik ini datang dari Pulau Kalimantan. Ikan sapu-sapu Borneo ini masih dapat ditemukan di anak sungai yang berair deras, dengan keaadaan lingkungan; pH 6, temperatur 20-24 derajat celcius dan kesadahan (GH) 5. 

Bagi Anda yang sedang di Kalimantan, bisa mencarinya di sungai Riam Kanan, Banjarmasin. Ikan ini kerap didapati terlebih di saat-saat akhir musim kemarau.

*Harga Rp. 128.000,- / Kantong. Harga ikan Borneo Sucker dan spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url