Sungai Kepari dan Sungai Emperas adalah rumah Ikan Buing (Cyclocheilichthys apogon), jenis ikan air tawar Kalimantan

 

Cyclocheilichthys apogon alias ikan buing adalah ikan jenis ikan air tawar di Kalimantan

Desa Kepari memiliki dua sungai utama yaitu Sungai Kepari yang masih dikelilingi hutan alam dan Sungai Emperas yang di dalamnya terdapat bekas lokasi penambangan emas tanpa izin. 

Kerusakan alam di kawasan tersebut tentu berpengaruh terhadap keragaman hayati berbagai jenis ikan air tawar Kalimantan ini. Ini juga bermakna ancaman bagi kelangsungan pemenuhan kebutuhan protein hewani, khususnya yang berasal dari ikan bagi warga setempat. 

Anda juga pasti tahu apa artinya ini bagi para penghobi mancing mania, fishing kings, plat fishing, dan pelaku fishing adventure. 

Yuliana Heniska Siska, M. Sofwan Anwari dan Ahmad Yani, peneliti Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak mengumpulkan data keanekaragaman jenis ikan air tawar di Sungai Kepari dan Sungai Emperas, Desa Kepari, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang.

Mereka menentukan titik dengan membuat stasiun pengambilan sampel yang ditempatkan secara purposive sampling untuk titik awal dan ditempatkan di stasiun berikutnya secara sistematis.

Titik penelitian dilakukan pada 2 (dua) lokasi dan wilayah yang berbeda, yaitu Sungai Kepari dan Sungai Emperas. Kedua lokasi dibuat 3 (tiga) stasiun atau titik pengamatan, masing-masing dengan panjang stasiun pengamatan 50 meter dan interval per jarak antar stasiun 200 meter. Setiap stasiun diulang 3 (tiga kali.

Dari hasil penelitian mereka diketahui bahwa terdapat 60 jenis ikan air tawar yang ditangkap di Sungai Kepari dan Sungai Emperas yang diklasifikasikan dalam 17 famili ikan sungai air tawar.

Jumlah spesies terbanyak adalah 25 spesies famili Cyprinidae. Sungai Kepari memiliki 46 jenis ikan air tawar sedangkan Sungai Emperas memiliki 23 jenis ikan air tawar. Baik sungai Kepari maupun sungai Emperas, di dominasi oleh ikan Buing (Cyclocheilichthys apogon).

Spesies yang mendominasi Sungai Kepari adalah Cyclocheilichthys apogon (Buing) dan Osteochilus vittatus (Parau) sedangkan di Sungai Emperas spesiesnya Trichogaster trichopterus (Empotar), Belontia hasselti (Kekopar) dan Cyclocheilichthys apogon (Buing).

Selengkapnya silahkan baca hasil penelitian 3 peneliti dari (UNTAN) Pontianak tersebut yang berjudul KeanekaragamanJenis Ikan Air Tawar di Sungai Kepari dan Sungai Emperas Desa Kepari KecamatanSungai Laur Kabupaten Ketapang (Diversity of Freshwater Fish Species in KepariRiver and Emperas River, Kepari Village, Sungai Laur Sub-District, KetapangRegency).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url