Berhasil Tangkap Raja Ikan Borneo, Ini yang Dilakukan Lelaki Dayak Sarawak

Ikan hasil tangkapan Pelawai digotong dari sungai

IKAN BORNEO-Raja ikan Borneo, yaitu ikan empurau alias ikan semah raksasa akhirnya takluk di tangan Pelawai Lawai, salah seorang warga Long Busang, Sarawak Malaysia kemarin. Ia berhasil menangkap ikan tersebut setelah menyelam sekitar tiga menit di dasar sungai, di bawah arus deras.   

Pelawai Lawai menceritakan kisah hidupnya 'mengalahkan' empurau kepada Borneo Network, sebuah portal berita Sarawak terpopuler saat ini, khususnya di Malaysia Timur.  

Menariknya saat menangkap ikan Sultan itu, Pelawai juga menyelam persis seperti ikan, tanpa memakai perlengkapan alat selam khusus. 

 Pelawai Lawai pamerkan Ikan Semah Raksasa tangkapannya.

"Tidak begitu lama, sekitaran dua sampai tiga menit. Ada wilayah di mana ikan empurau ini menyelam dalam dan cepat," kata Asroy Pe'laket menirukan ucapan ayahnya, sebagaimana dikutip oleh Borneo Network lewat Messenger.

Tetapi, usaha 'menggadaikan nyawa' ini rupanya tidak sia-sia, manakala pria Dayak tersebut sukses mengangkat seekor ikan empurau seberat lebih dari 18 kg.

Baca Juga : Ikan Air Tawar Paling Mahal, Ikan Semah dari Kalimantan

Ikan empurau atau ikan semah memang terkenal perenang ulung di arus deras sungai. 

Pelawai yang memaerkan photonya memeluk ikan itu di sosial media, membuat wartawan Borneo Network ngiler,  membayangkan daging ikan semah yang manis berlemak dan lezat. Harga ikan semah di pasar ikan Malaysia cukup mahal.

"Ada dua tipe empurau, putih dan merah. Ikan yang saya peroleh ialah tipe empurau putih, grade yang paling langka dan sulit ditangkap. Harga ikan empurau ini ditetapkan oleh grade dan tipe berwarna," ujarnya.

Menurut dia di Long Busang ikan empurau dipasarkan dengan harga sekitaran RM500 per kilo. Wow, apalagi jika sudah di jual di pasar Sarawak atau Kuala Lumpur ya? 

Pelawai menambahkan bahwa musim kemarau sebagai saat ini adalah yang terbaik untuk memancing dan tangkap ikan empurau di sungai Long Busang.

Banyak yang penasaran hasil tangkapan Pelawai

"Tetapi langkah ini belum pasti sukses karena bergantung rezeki dan keberuntungan. Bulan ini saya baru bisa menangkap dua ekor ikan empurau," katanya sambil menambah jika ikan empurau yang baru didapat itu telah dibeli oleh perseorangan di wilayah itu.

Dia menerangkan, ikan empurau telah terkenal lama dan susah diketemukan hingga terus dicari konsumen walau harga beberapa puluh ribu ringgit Malaysia.

Untuk yang ingin 'berburu' ikan empurau, Long Busang memiliki jarak sekitaran 8 jam perjalanan dengan kendaraan beroda 4 dari Belaga. 

Sumber berita & Photo: Borneo Network

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url