6 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar Tradisional, yang Nomor 6 Sangat Penting!

ciri-ciri ikan segar. Image pixabay 

IKAN BORNEO-Memelihara kesehatan dengan cara mengkonsumsi ikan bukan rahasia umum lagi.  Para ahli gizi bahkan telah banyak mempublikasikan hasil penelitian mereka mengenai manfaat daging ikan bagi kesehatan tubuh manusia. Tetapi sayangnya masih banyak diantara penduduk yang kurang bahkan belum menyadari bahwa mengkonsumsi ikan sangat penting.

Bagi mereka yang sudah memiliki cukup pengetahuan mengenai kandungan dalam sepotong daging pun masih harus menghadapi beberapa tantangan saat harus memilih ikan segar, terutama jika Anda membeli ikan tersebut di pasar tradisional.

Seperti apa kualitas daging ikan yang baik untuk di konsumsi, juga menentukan kadar protein atau gisi yang terkandung di dalam daging ikan tersebut. Kualitas daging ikan yang Anda masak juga mempengaruhi rasa serta kelezatan masakan ikan yang Anda hidangkan.

Daging ikan berkualitas rendah tak hanya akan merusak kandungan gizi daging ikan tersebut, tetapi  juga  merusak selera yang mengkonsumsinya.  

Untuk itu IKAN BORNEO memberikan tips sederhana kepada Anda yang baru belajar memasak, untuk memilih ikan segar saat berbelanja ke pasar. Semoga dengan artikel ini Anda tidak pusing lagi saat memilih seperti apa ciri-ciri daging ikan yang masih segar di pasar.

Dimana membeli ikan yang segar dan berkualitas baik juga akan menjamin kelazatan masakan Anda.  

 

Berikut ini adalah 6 tips memilih ikan yang segar dari IKAN BORNEO:

 

Image via Seismik Makan

1. Mata ikan segar

Cara yang paling gampang untuk mengetahui apakah ikan yang anda beli itu masih segar atau tidak adalah dengan melihat mata ikan. Pastikan ikan yang anda bawa pulang itu mempunyai mata yang masih jernih dan cerah. Selain itu, matanya juga akan timbul dan menonjol. Ikan yang yang tidak segar lagi mempunyai mata berwarna merah, pudar atau kelabu. Matanya juga biasanya terlihat sudah tenggelam dan sembap. 

 

Image via Seismik Makan

2. Warna insang ikan segar

Selain memperhatikan mata ikan, Anda juga harus mengecek isang ikan. Ikan segar mempunyai insang berwarna merah terang dan masih basah tanpa terlalu banyak lendir.

 

Ikan yang tidak segar lagi mempunyai insang berwarna kelabu atau coklat kehitaman. Insangnya juga sudah menjadi keras dan berlendir pekat.

 

Image via Seismik Makan

3. Warna kulit dan sisik ikan segar

Ikan yang masih segar memiliki sisik atau kulit luar berwarna cerah dibandingkan dengan ikan yang tidak segar lagi. Sisiknya masih kuat menempel di kulit ikan. Jika kulit dan sisiknya sudah berwarna pucat, rapuh dan mudah tercabut berarti ikan itu sudah hampir busuk.  


Image via Seismik Makan

4. Tesktur daging ikan segar

Untuk mengetahui daging masih segar atau tidak, tekanlah ikan pada bahagian perutnya. Jika tekstur daging di pertunya masih keras berarti ikan masih segar, tetapi jika lembut maknanya ikan sudah lama.

Hindari membeli membeli ikan yang bagian bawah perutnya sudah pecah sebab itu ciri-ciri ikan tersebut sudah mulai busuk.

 

Image via Seismik Makan

5. Bau ikan segar

Tips kelima untuk memilih ikan segar adalah kenali bau ikan segar dari aromanya. Jika Anda membeli ikan laut maka, meskipun hanyir, tetapi ikan laut yang segar masih akan memiliki aroma laut, demikian juga jika itu ikan sungai seperti yang banyak terdapat di sungai atau danau-danau di Borneo.  Ikan yang sudah lama pasti berbau busuk dan hanyir yang sangat kuat.

Sumber grafis: sumbarprov.go.id

 6. Awas Ikan berpengawet

Satu lagi tips terakhir dan yang tak kalah penting, yaitu jangan tertipu hanya karena daging ikan tampak seperti masih segar berdasarkan ciri-ciri no 1-4 di atas Perhatikan apakah ikan tersebut dikerubuti lalat atau tidak? Apakah ikannya juga agak menyengat? Apabila lalat ogah hinggap di daging ikan tersebut, dan baunya agak menyengat maka hampir dapat dipastikan ikan yang dijual itu menggunakan pengawet, terutama formalin yang justu sangat berbahaya untuk kesehatan.

Khusus sobat  pembaca yang doyan makan ikan seladang, ikan juara, atau ikan patin Borneo dapat membaca tipsnya di artikel yang berjudul Cara Memilih Ikan Patin Borneo Segar: Panduan Praktis untuk Konsumen Pintar 

Nah, dengan berbekal 6 tips memilih ikan segar di atas, Anda sudah dapat menenteng keranjang belanja ke pasar.  Selamat berbelanja.....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url