Spot Memancing di Borneo yang Harus Anda Ketahui lengkap dengan nama-nama Ikan Borneo

Spot Mancing di Kalimantan yang Harus Anda Ketahui lengkap dengan nama-nama Ikan di Kalimantan. Gambar: kompas.com

Untuk pembaca yang punya hobi memancing seperti saya, beberapa hal berikut ini adalah guiding penting  bagi yang punya niat untuk pergi memancing ke sungai-sungai di pulau Borneo atau Kalimantan. 

Di kampung halaman saya di Borneo, memancing tak hanya sekadar rekreasi, tetapi juga cara untuk m emenuhi kebutuhan hidup bagi banyak orang di Kalimantan yang tinggal di pinggiran sungai, terutama nelayan dan penduduk yang memanfaatkan penangkapan ikan sebagai mata pencaharian mulai dari bertani hingga beternak.

Kalimantan adalah sebuah pulau terbesar ke tiga di dunia, memiliki populasi hampir 18 juta

Kalimantan adalah sebuah pulau di Asia Tenggara dan memiliki populasi hampir 18 juta orang. Mayoritas penduduk ini tinggal di Kalimantan (Indonesia), yang merupakan pulau terbesar ketiga di dunia berdasarkan luas wilayah setelah Greenland dan New Guinea.

Suhu rata-rata Kalimantan berkisar antara 14-28°C (57-82°F), dengan suhu mencapai setinggi 37°C (98°F) selama bulan-bulan musim panas.[1] Curah hujan rata-rata sekitar 3.000 mm per tahun[2] dengan beberapa daerah menerima hingga 6 meter per tahun.[3]

Memancing adalah rekreasi populer bagi banyak orang di Kalimantan yang tinggal di pinggiran kota, termasuk nelayan dan penduduk yang menggunakan penangkapan ikan sebagai mata pencaharian dari pertanian hingga peternakan.

Memancing adalah kegiatan rekreasi yang populer bagi banyak orang di Kalimantan, termasuk nelayan dan penduduk yang menggunakan penangkapan ikan sebagai mata pencaharian mulai dari bertani hingga beternak.

Memancing juga dianggap sebagai bagian integral dari budaya di sini, di mana kegiatan ini telah dipraktikkan sejak sebelum menjadi negara-kota. Pemerintah telah menetapkan kebijakan yang mendorong kegiatan ini dan melindungi kepentingan ekonominya dalam menghasilkan pendapatan daerah dan pasokan makanan bagi penduduk perkotaan (Banjar et al., 2015).

Borneo adalah Pulau 1000 Sungai

Pulau Borneo juga di kenal sebagai negeri pulau 1000 sungai. Digelari demikian karena jumlah sungai yang tak terhitung jumlahnya. Belum lagi anak-anak sungai dari sungai-sungai yang sebutkan di bawah ini, yang merupakan lumbung ikan air tawar yang sangat banyak jumlahnya. 


Selain sungai, pulau Borneo, baik yang menjadi bagian negara Indonesia (Kalimantan), Malaysia (Sarawak dan Sabah) serta Brunei Darusallam juga memiliki banyak sekali danau yang akan kita bahas dalam artikel yang berbeda.  


Ada pun yang saya sebutkan dalam artikel ini adalah sunga-sungai besar saja yang paling umum dikenal oleh masyarakat ketiga negara. Berikut adalah daftar beberapa nama sungai di pulau borneo yang saya kutip dari Wikipedia  dan telah digunakan para nelayan di mana mereka dapat memancing dengan menggunakan berbagai teknik seperti trolling, casting umpan dan spin fishing


A. Sungai-sungai di Kalimantan (Indonesia)

  1. Sungai Barito
  2. Sungai Martapura
  3. Sungai Kapuas
  4. Sungai Negara
  5. Sungai Tabalong
  6. Sungai Dondang
  7. Sungai Kahayan
  8. Sungai Kapuas
  9. Sungai Landak
  10. Sungai Sekayam
  11. Sungai Melawi
  12. Sungai Kayan
  13. Sungai Bahau
  14. Sungai Jelai-Bila
  15. Sungai Lamandau
  16. Sungai Arut
  17. Sungai Mahakam
  18. Sungai Belayan
  19. Sungai Kaso
  20. Sungai Telen
  21. Sungai Mendawai
  22. Sungai Mentaya
  23. Sungai Sampit
  24. Sungai Pawan
  25. Sungai Keriau
  26. Sungai Pembuang
  27. Sungai Sambas
  28. Sungai Sembakung
  29. Sungai Sesayap

B. Sungai-sungai di Sarawak

  1. Sungai Adoh
  2. Sungai Asap
  3. Sungai Balleh
  4. Sungai Balui
  5. Sungai Bangkit
  6. Sungai Baram
  7. Sungai Bintangor
  8. Sungai Igan
  9. Sungai Katibas
  10. Sungai Kemena
  11. Sungai Ladong
  12. Sungai Maong
  13. Sungai Miri
  14. Sungai Padungan
  15. Batang Rajang
  16. Sungai Sarawak
  17. Sungai Batang Lupar
  18. Sungai Oya
  19. Sungai Tujuh

C. Sungai-sungai di Sabah

  1. Sungai Batu Lima
  2. Sungai Kawag
  3. Sungai Kebun Cina
  4. Sungai Kerupang
  5. Sungai Kinabatangan
  6. Sungai Kolopis
  7. Sungai Liwagu
  8. Sungai Maliau
  9. Sungai Meliau
  10. Sungai Padas
  11. Sungai Pagar
  12. Sungai Sibuga
  13. Sungai Papar
  14. Sungai Petagas
  15. Sungai Segama
  16. Sungai Sugut
  17. Sungai Tuaran
  18. Sungai Tagal

C. Sungai-sungai di Brunei Darusalam

  1. Sungai Belait
  2. Sungai Brunei
  3. Sungai Pandaruan
  4. Sungai Temburong
  5. Sungai Tutong

Sebenarnya masih banyak lagi sunga-sungai yang belum saya sebutkan, seperti yang saya katakan diatas, mungkin benar ada ribuan sungai yang saling terhubung berikut danau-danau yang menjadi habitat ikan air tawar di pulau Borneo. 

Misalnya Sungai Rengas dan Belum yang juga populer di kalangan nelayan di Kalimantan. Tetapi yang paling banyak dikenal adalah sungai Kapuas, yaitu salah satu sungai yang terpanjang di Indonesia, yaitu 1.143 kilometer.

Jenis-jenis Ikan Sungai di Pulau Borneo

Di Pulau Borneo, terdapat banyak jenis ikan yang hidup di sungai-sungai yang terdapat di pulau tersebut. Beberapa jenis ikan yang hidup di sungai di Pulau Borneo antara lain:

  1. Ikan Mas (Cyprinus carpio) - Ikan mas merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Borneo. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar dan sering digunakan sebagai ikan konsumsi.

  2. Ikan Nila (Oreochromis niloticus) - Ikan nila merupakan jenis ikan yang juga banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Borneo. Ikan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ikan mas dan sering digunakan sebagai ikan budidaya.

  3. Ikan Gabus (Channa striata) - Ikan gabus merupakan jenis ikan yang hidup di sungai-sungai di Pulau Borneo. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar dan sering digunakan sebagai ikan konsumsi.

  4. Ikan Lele (Clarias sp.) - Ikan lele merupakan jenis ikan yang juga banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Borneo. Ikan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ikan gabus dan sering digunakan sebagai ikan budidaya.

  5. Ikan Patin (Pangasius sp.) - Ikan patin merupakan jenis ikan yang juga banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Borneo. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar dan sering digunakan sebagai ikan konsumsi.

Ini hanyalah beberapa contoh jenis ikan yang hidup di sungai-sungai di Pulau Borneo. Ada banyak jenis ikan lainnya yang juga dapat ditemukan di sungai-sungai di Pulau Borneo. Selengkapnya mengenai berbagai jenis ikan air tawar di Borneo silahkan lihat di link berikut ini.


Jika Anda ingin memancing untuk menangkap ikan besar, daerah Sungai Mahakam dan Sungai Kapuas adalah tempatnya. Sungai ini merupakan sungai besar yang terletak di Kalimantan Timur dengan panjang kurang lebih 900 km. Sungai ini memiliki flora dan fauna yang cukup beragam sehingga bisa menjadi alternatif tujuan wisata saat berlibur.

Sungai Mahakam merupakan sungai besar yang terletak di Kalimantan Timur. Memiliki flora dan fauna yang cukup beragam, sehingga bisa menjadi alternatif tujuan wisata saat berlibur. Demikian juga Sungai Kapus yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia yaitu 1.143 kilometer.

Panjang Sungai Mahakam kurang lebih 900 km (km). Artinya memiliki perjalanan yang panjang dari hulu ke hilir. Sebagian besar sungai-sungai di Indonesia mengalir dari aliran pegunungan melalui lembah-lembah sempit hingga mencapai laut atau muara.

Sungai lain yang bisa dijadikan alternatif tempat memancing selain Sungai Mahakam adalah Sungai Kahayan yang mengalir melalui Kalimantan Tengah dengan panjang ratusan kilometer. Seperti sungai-sungai lainnya, sungai ini juga memiliki beberapa pulau seperti Pulau Hutan Kota yang bisa kita kunjungi saat berkunjung ke sana.

Sungai lain yang bisa dijadikan alternatif tempat memancing selain Sungai Mahakam adalah Sungai Kahayan yang mengalir melalui Kalimantan Tengah dengan panjang ratusan kilometer. Seperti sungai-sungai lainnya, sungai ini juga memiliki beberapa pulau seperti Pulau Hutan Kota yang bisa kita kunjungi ketika berkunjung ke sana.

Sungai Kahayan terletak di dekat Taman Nasional Gunung Barisan Selatan dan memberikan lebih banyak kesempatan untuk kegiatan rekreasi seperti jalur hiking dan wisata alam. Waktu terbaik untuk memancing di sini adalah antara bulan Oktober hingga Februari karena terlalu dingin pada musim-musim lainnya tetapi tidak sama sekali pada bulan Januari-Februari (periode terdingin).

Kesimpulannya, ada banyak sungai di Kalimantan yang bisa dijadikan tempat memancing. Sungai Mahakam adalah yang paling populer di mana Anda bisa memancing dengan menggunakan berbagai teknik seperti trolling, bait casting dan spin fishing. Sungai lain yang bisa dijadikan alternatif tempat memancing selain Sungai Mahakam adalah Sungai Kahayan yang mengalir melalui Kalimantan Tengah dengan panjang ratusan kilometer. Seperti sungai-sungai lainnya, sungai ini juga memiliki beberapa pulau seperti Pulau Hutan Kota yang bisa kita kunjungi saat berkunjung ke sana.

Ayo memancing!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url