Pelihara Ikan Hias Borneo ini, Kuntilanak Langsung Pergi


Ikan hias Channa Maru atau channa maruliodes adalah salah satu jenis ikan gabus yang sekarang ini jadi paforit para penggemar ikan Predator air tawar. Ikan asli dari indonesia ini memiliki watak yang garang tapi cantik sekaligus menakjubkan. Ikan gabus hias ini terkenal karena memiliki warna corak yang eksotik, cantik dengan motif-motif pada bagian tubuhnya. Ikan hias chana maru ini juga memiliki nama lokal yang bermacam-macam, berdasarkan suku-suku di Kalimantan. Orang Dayak Salako/kanayatn di Kampung Loncek, Kalimantan Barat menyebutnya ikan Dodok. Tapi ukurannya lebih kecil dari  jenis ikan gabus yang lain. 

Channa Maruliodes juga biasa disebut beberapa penggemar ikan dengan panggilan ikan Channa maru. Channa maru masih sekeluarga dengan ikan gabus, di beberapa tempat di Kabupaten Kapuas Hulu, disebut Ikan Piang. Ikan Channa maru hidup tersebar di perairan Indonesia, terutama di sungai-sungai dan danau di wilayah Kalimantan dan pulau Sumatera. Para peneliti ikan juga mengungkapkan bahwa habitat ikan channa maru ini bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga tersebar di negara Asia Tenggara yang lain seperti Thailand, Malaysia dan lain-lain.

Dalam beberapa suku di Kalimantan, khususnya kelompok Dayak Salako di Kampung Loncek percaya bahwa ikan channa maru atau ikan dodok ini bisa untuk mengusir hantu kuntilanak. Karena itu jika bermalam di hutan mereka membawa serta ikan channa maru yang sudah dikeringkan dengan cara dipanggang atau diasap. Ikan ini juga memang sangat mudah ditemukan di beberapa sungai-sungai kecil di Kalimantan dan sangat sering menangkap pancing. 

Karakter Ikan hias Channa Maru ini cukup menarik. Ia memiliki tiga babak dikehidupanya. Pada babak pertama atau di saat memiliki ukuran 3 - 10 cm warna channa maru masih gelap dan kurang menarik. Pada babak ke-2 memiliki ukuran 10 - 20 cm channa maru yang tadinya berwarna cokelat perlahan-lahan sirna dan menyerupai ikan gabus biasa. Di saat babak ke-3 ataupun waktu dewasa memiliki ukuran 20 - 40 cm barulah ia memunculkan warna -warni dan corak bunga teratai.

Bersamaan pertambahan usia dan ukuran channa maru menunjukkan corak dan warna bunga yang eksotik. Nah, untuk warna channa maru bersandar dari masing-masing wilayah atau lokasinya. Karena itulah dalam artikel ini kita akan membagi tipe ikan hias channa marru berdasarkan habitat dimana ia berasal. Namun ikan ini bisa capai panjang 65 cm saat dipiara di aquarium.

Tapi di komunitas ikan channa maru ini menakjubkan, sebab ukurannya dapat mencapai lebih dari 65 cm. Ikan maru lebih menyenangi lokasi yang arusnya bergerak lamban dan Ph air yang rendah. Selainnya memiliki corak dan warna yang cantik. Ohya channa maru juga memiliki bentuk kepala seperti kepala ular. Oleh karena itu banyak penggemar yang menyebut ikan ini dengan panggilan SnackeHead. Tapi di aquarium channa maruliodes ini termasuk ikan yang tenang dan ramah, berlainan dengan tipe snakehead yang lain yang condong agresif dan sulit di ajak berinteraksi.

Makanan Channa Maruliodes

Sebagai ikan predator, channa maru sebagai tipe hewan karnivora lainnya memakan hewan-hewan kecil seperti, ulat hongkong, cacing, jangkrik, udang, dan ikan-ikan kecil yang hidup di habitatnya.

Bila channa maru mulai dewasa juga bisa diberi makanan yang memiliki ukuran sedang atau besar seperti, potongan daging ikan, atau daging ayam yang kiranya bisa masuk dimulut ikan channa maru.

Di pasar ikan hias terdekat harga ikan channa maru cukup bervariasi, dimulai dari beberapa puluh ribu sampai juta-an rupiah, tergantung pada ukuran, corak dan macamnya. Perawatannya juga termasuk cukuplah mudah dan tidak seribet ikan hias yang lainnya. Cukup diberi makan dengan teratur dan tepat waktu. Saat diletakan di akuarium., motif dan corak yang menghiasi tubuh ikan channa maruliodes memang cantik dan menarik sekali. Lekukan cantik dan tampang yang gahar dan agresif jadi magnet tentu saja membuat para penghobi ikan hias ingin memeliaranya di rumah. 

Untuk Anda yang tertarik memelihara ikan hias borneo dari jenis channa maru ini sangat penting mengetahui cara membedakannya, sehingga tau membedakan darimanakah asal ikan tersebut berdasarkan habitat tempat tinggalnya. Karena tiap tipe ikan ini berbeda-beda corak dan warnanya adalah berdasarkan dari wilayah mana ikan channa maru itu hidup. Justru perbedaan geografis habitatnya itulah yang membuat ikan hias air tawar ini memiliki keunikan corak warna yang berbeda- beda. Karena itu kita bisa secara mudah membandingkan dari manakah Channa Maruliodes itu berasal. Untuk Anda yang memiara ikan Chana Maru, mudah-mudahan dengan membaca artikel ini tak lagi kebingungan membandingkan mana channa maru lokal kalimantan dan yang mana Chana Maru Sumatera. 

1. Chana Maru Yellow Sentarum 

Channa maru Yellow sentarum

Ikan hias Channa maru Yellow sentarum atau umum disebutkan maru YS ini berasal dari Danau Sentarum, yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Ikan channa marru YS ini berwarna hitam dengan divariasi warna kuning pekat yang sangat menawan. Tidak itu saja, ia memiliki mata yang warna merah, tentunya akan menambahkan kesan garang. 

2. Channa Maru Sumatera

Chana Maru Sumatera 


Ikan hias Chana Maru lokal Sumatera ini memiliki warna sirip kebiru-biruan dan warna garis bar tipis atau sedikit pucat. Ekor dari maru sumatera seperti batik dan warna gelap. 

3. Channa Red Sentarum

channa red sentarum 

Ikan ini dikasih nama channa red sentarum oleh beberapa penjual karena memiliki warna merah ditambahkan garis bar seperti anak panah. Sama dengan ikan hias channa maru yellow Sentarum, Ikan hias channa red Sentarum ini juga datang dari danau sentarum, kalimatan barat.

4. Channa red Sampit 

Channa red Sampit

Channa red Sampit memiliki warna merah tegas dan garis bar yang lebih tebal daripada maru dari lokalitas lain  Ikan ini datang dari perairan di daerah Sampit dan sekelilingnya di Kalimantan Tengah. Komunitas ikan channa red sampit umumnya di tempat sungai yang memiliki arus lamban .

5. Chana maru Borneo

channa maru Borneo

Ikan hias channa maru Borneo ini memiliki warna seperti maru yellow Sentarum, hampir sulit membedakannya dengan channa maru yellow Sentarum. Beberapa penjual memberikan nama itu karena ikan maru ini datang dari kepulauan Borneo dan supaya jelas membedakannya dengan channa maru dari wilayah lain. Tapi yang membedakannya adalah Channa Maru Borneo ini memiliki warna hitam yang dipadankan dengan orange kemerah-merahan, dan terlihat lebih ceria daripada channa maru Sumatera. 

Demikianlah jenis ikan hias channa maru yang dikelompokkan bedasarkan wilayah habitatnya. Pasti tiap tipe ikan memiliki kekhasan masing -masing dan yang paling penting Anda ketahui bahwa nama panggilan maru yellow sentarum, red sentarum, maru sumatera, maru borneo dan maru red sampit hanya nama pemberian dari para penghobi bukan nama ilmiah.  

Jadi apakah bedanya Channa Maru Borneo dan Channa Maru Sumatera?

Adapun ketidaksamaan ikan hias chana maru Kalimantan dan ikan maru Sumatera, channa maru Kalimantan atau yang lebih dikenal dengan ikan channa borneo, umumnya memiliki ciri-ciri warna hitam menonjol dan berwarna oranye kemerah merahan. Sementara channa maru sumatera pola ekornya berwujud batik dan warna gelap. Di masing-masing komunitas daerah ikan maru condong mengikuti atau memengaruhi di masing-masing wilayah itu.

Ikan channa Maru benar-benar populer di lapisan penggemar ikan hias, khususnya tipe ikan predator. Harga ikan channa maru dewasa atau di saat memiliki ukuran 30-50 cm, dibanderol sekitaran Rp 500 ribu sampai 1 juta rupiah. Wah lumayan ya. Padahal dulu penulis sering memancing ikan ini di sungai kecil dekat ladang kakek, dan dimakan. Sama sekali tak menyangka kalau sekarang ia menjadi ikan hias air tawar paling dicari di Indonesia. 

Nah, setelah mendapatkan penjelasan di atas apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan hias cantik bermata merah pengusir hantu ini di rumah?

Next Post Previous Post
3 Comments
  • toniecus
    toniecus July 11, 2022 at 8:24 AM

    Artinya anda orang kaya makna ikan seharga 1 jt an.

  • toniecus
    toniecus July 11, 2022 at 8:25 AM

    Wah orang kaya aja yang mampu makan ikan 1 jt an๐Ÿ˜

    • Mata Kelik
      Mata Kelik July 11, 2022 at 9:45 AM

      wah hahaha. kalau dihitung, tiap kali ke ladang kakek dahulu, selalu mancing ikan. dan yang paling mudah di dapat ya ikan Chana Maru ini. Nama lokal di kampung saya adalah ikan Piang. Ada lagi jenis lainnya yang tidak seinda ikan Piang ini, namanya ikan belauk, ikan runtuk, ikan Kerandang, dll

Add Comment
comment url